Kamis, 16 April 2015

MEDIA PEMBELAJARAN E:MACROMEDIA FLASH

MEDIA PEMBELAJARAN E:MACROMEDIA FLASH



Dosen Pengampu :
Abdul Halim fathani  
Kelompok 5 :
1.      Mekar Arum Kusuma          (21401072082)
2.      Alfiyan Puja Dewantara      (21401072089)
3.      Syam Wiji Astuti                 (21401072096)
4.      Siti Manluatun Ni’mah        (21401072097)
5.      Kautsar Kimiatus Sa’adah   (21401072104)
6.      Jumiati                                 (21401072105)
7.      Luthfi Nur Indah Sari          (21401072110)

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
2015

KATA PENGANTAR
          Segala puji dan syukur penulis haturkan kepada sang Kholiq yang tak pernah letih ataupun tidur dalam mengurus semua makhluk-Nya yang berada di langit maupun di bumi. Dialah Allah SWT, tuhan semesta alam dengan kekuasaan yang meliputi langit beserta isinya dan bumi beserta isinya pula. Dengan rahmat dan kasih sayang-Nya, maka penulis dapat menyelesaikan makalah mengenai “Macromedia Flash” yang tentunya masih jauh dari kata sempurna ini.
Shalawat serta salam penulis sanjungkan kepada makhluk paling mulia di muka bumi ini. Makhluk yang diutus untuk menyempurnakan akhlak seluruh manusia di bumi. Dialah baginda besar, rasul agung, Rasulullah SAW. Semoga syafaat beliau senantiasa tercurah kepada para umatnya yang setia mengikuti jejaknya sampai akhir hayat nanti. Serta shalawat untuk keluarga beliau dan shahabat-shahabat beliau.
Penulis juga ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Media pembelajaran Matematika berbasis ICT bapak Abdul Halim fathani  yang telah sabar membimbing penulis dalam memperoleh materi serta penulis juga harapkan agar kiranya Pak dosen dapat memberikan masukan-masukan bagi kurangnya kelengkapan dalam makalah yang penulis buat ini.
Penulis juga berharap bahwa apa yang sudah penulis tulis dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca dalam memperoleh pengetahuan tentang Materi Media Pembelajaran. Dan jika ada masukan, sekiranya tak segan untuk menambahkan supaya penulis dapat memperbaiki kesalahan dan kekurang dalam makalah ini.
                                                                                                         Malang,24  Maret  2015
                                                                                                              Penyusun


                                                                        i

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……..……………………………………………   i
DAFTAR ISI……………….……………………………………………    2
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………...........    3
        1.1. Latar Belakang ….……………………………………………       3
        1.2. Rumusan Masalah………………………………………………    4
        1.3. Tujuan Penulisan …………………………………………….. ..    4
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………… 5
        2.1. Pengertian Macromedia Adobe Flash …………………………..   5
        2.2. Fungsi Macromedia Adobe Flash ……………………………….  5
        2.3. Manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika …..6
2.4.Kelebihan dan Kekurangan Macromedia Flash ………………….. 7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan………………………………………………………... 8
3.2 saran………………………………………………………………..            8
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………….9


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Pembelajaran yang ada selama ini masih banyak yang didominasi guru saja,
sedangkan siswa hanya Datang, Duduk, Dengar, Catat, dan Hafal atau yang
dikenal dengan istilah D3CH, keadaan seperti ini memberikan dampak buruk bagi
siswa, salah satunya adalah siswa hanya menguasai materi yang diberikan tanpa
mengetahui manfaat dan cara mengaplikasikan ilmu atau pelajaran tersebut dalam
kehidupan sehari-hari. Jika sistem pembelajaran seperti ini masih sering
berlangsung, ada beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi, antara lain
siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran, kemudian timbulnya kejenuhan,
rasa bosan, bersikap pasif terhadap pelajaran dan kemungkinan terburuknya
adalah siswa sudah tidak mau belajar matematika atau benci dengan matematika.Hal ini menjadi salah satu penyebab prestasi hasil belajar matematika siswa masih
tergolong rendah.
Berdasarkan pengalaman pribadi penulis di masa lalu, penyajian mata pelajaran matematika di sekolah tersebut monoton dan kurang variasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik minat siswa. Oleh karena itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik minat siswa, salah satunya penyajian matematika dengan media pembelajaran berbasis edutainment.
Media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan verbal. Dengan istilah mediator, media berfungsi mengatur hubungan yang efektif antara siswa dan isi pelajaran dalam pembelajaran. Dapat dikatakan pula setiap system pembelajaran yang melakukan mediasi, mulai dari guru sampai peralatan canggih dapat disebut sebagai media. Dengan  demikian, media pembelajaran adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan- pesan pembelajaran. Seperti power point, prezi dan adobe flash.
Adobe Flash merupakan software yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, khususnya dalam hal membuat media pembelajaran. Misalnya untuk membantu menjelaskan materi supaya dapat ditampilkan secara menarik.
Pembelajaran sekarang menggunakan kurikkulum 2013 yang lebih menekankan pada proses bernalar dan kreativitas siswa. Dalam kurikulum 2013 itu terdapat beberapa sintak yang sering di kenal dengan 5M, yaitu Mengamati, Menanya, Mengasosiasi, Mengeksplorasi, Mengkomunikasi.

Pembelajaran kurikulum 2013 dapat menggunakan media alat bantu elektronik seperti membuat media berbasis adobe flash. Pembelaaran K13 juga dapat digunakan dengan bantuan media online seperti blog, website, dll.

Dalam proses pembelajaran tentang Kurikulum 2013 di Kampus, hal yang penulis dapatkan adalah Kurikulum 2013 memang cocok dengan media flash, Power Point, ataupun Prezi.

Oleh karena itu penulis mulai mencari beberapa referensi yang berkaitan dengan Adobe Flash dan media elektronik yang lain. Tetapi dalam makalah ini kami akan berkonsentrasi pada Adobe Flash.

1.2. Rumusan masalah
1.      Apa pengertian Macromedia Flash?
2.      Apa fungsi Macromedia Flash?
3.      Apa manfaat Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika?
4.      Apa kelebihan dan kekurangan macromedia dalam media pembelajaran matematika?

1.3. Tujuan masalah
1.    Untuk mengetahui pengertian Macromedia Flash.
2.    Untuk mengetahui fungsi Macromedia Flash.
3.    Untuk mengetahui manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika
4.    Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan macromedia dalam media pembelajaran matematika.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi adobe flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5. Flash didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.
Macromedia Flash 8 merupakan versi terbaru yang merupakan pengembangan dari Macromedia Flash MX 2004. Animasi yang dihasilkan Macromedia Flash 8 adalah animasi berupa file movie. Movie yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks, mengimpor file suara, video, maupun file gambar dari aplikasi lain. Animasi Flash Profesional 8, mampu membuat tampilan website dan presentasi menjadi unik dan menarik, dilengkapi dengan gambar kreatif dan video. Penggunaan Macromedia Flash 8 sebagai software yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis edutainment, didasarkan pada beberapa kelebihan yang dimilikinya.

2.2. Fungsi macromedia
a.       Membuat presentasi
b.      Membuat aplikasi
c.       Membuat animasi
d.      Membuat konten video
e.       Membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus.
2.3. Manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika
Matematika adalah landasan utama teknologi , kita tidak dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang ini masih banyak siswa di negeri ini yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Fakta menunjukan tidak sedikit siswa sekolah yang masih mengaanggap matematika adalah pelajaran yang bikin stress karena matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang ditakuti siswa. Media pembelajaran matematika adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa dalam mata pelajaran matematika, hingga dapat mengrangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya padat menjadikan siswa melalukukan kegiatan belajar mengajar (Kusumah, 2007).
Penyajian mata pelajaran matematika di sekolah tersebut monoton dan kurang variasi dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik minat siswa. Oleh karena itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik minat siswa, salah satunya penyajian matematika dengan media pembelajaran berbasis eduitment. Salah satu bentuk penggunaan teknologi pembelajaran yang dapat menggabungkan unsur pendidikan dan unsur hiburan adalah digunakannya teknologi informasi berbasis komputer. Penggunaan teknologi informasi yang berbasis komputer, diharapkan dapat menjadi salah satu cara inovatif dalam penyampaian materi pembelajaran. komputer digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Dengan menggunakan media komputer sebagai penyajiannya, materi pembelajaran dapat disajikan secara lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya interaktivitas ini siswa dengan mudah dapat memilih bagian materi pelajaran yang ingin dipelajari atau mempelajari bagian materi yang belum dipahami. Dalam pembuatan media pembelajaran yang berupa software pembelajaran yang cocok dan unggul dalam penyajian. Terdapat beberapa software aplikasi untuk mendukung pembelajaran matematika yang menarik, yaitu Macromedia Flash 8.
Macromedia Flash 8 merupakan software yang mampu menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik, dan dinamis. Dari uraian di atas, maka Macromedia Flash 8 cocok digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika.

2.4. Kelebihan dan Kekurangan Macromedia Flash dalam Media Pembelajaran Matematika
Ø  Kelebihan Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika :
a.       Pengguna program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan alur adegan animasi yang dikehendakinya.
b.      Macromedia Flash ini dapat menghasilkan file dengan ukuran kecil. Hal ini dikarenakan Flash, menggunakan animasi dengan basis vektor, dan juga ukuran file Flash yang kecil ini dapat digunakan pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
c.       Macromedia Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi). FLA yang bersifat fleksiibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe .swf, .html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. hal ini memungkinkan pengguna program Macromedia Flash untuk berbagai keperluan yang kita inginkan.
d.      Lebih dapat  memahami  materi yang dipelajari karena setiap materi disajikan simulasinya
e.       Lebih semangat dalam belajar karena penyajian materi dilengkapi dengan gambar, suara dan video.
f.       Dapat berinteraksi dengan media karena bersifat interaktif.

Ø  Kekurangan Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika :
a.       Waktu belajarnya lama, apalagin bagi yang belum pernah menggunakan sofware desain grafis sebelumnya.
b.      Menunya tidak user friendly
c.       Perlu banyak refrensi tutorial
d.      Bahasa pemrogamannya agak susah
e.       Belum ada template didalamnya
f.       Ukuran file besar



BAB III
PENUTUP
3.1.       Kesimpulan
Penggunaan teknologi informasi yang berbasis komputer, diharapkan dapat menjadi salah satu cara inovatif dalam penyampaian materi pembelajaran, terutama pada mata pelajaran matematika. Dalam pembuatan media pembelajaran yang berupa software pembelajaran yang cocok dan unggul dalam penyajian. Terdapat beberapa software aplikasi untuk mendukung pembelajaran matematika yang menarik salah satunya, yaitu Macromedia Flash 8. 
3.2.       Saran
Semoga makalah ini bisa  membuat pembaca lebih banyak mengerti tentang apa itu Macromedia Flash dan bagaimana cara mejadikan Macromedia  Flash sebagai salah satu media pembelajaran untuk bidang matematika dengan menarik dan lebih inovatif. Sehingga bagi calon pendidik ataupun mahasiswa dapat  memudahkan dalam proses pembelajaran baik menampilkan dalam bentuk diskusi maupun sebagai bahan ajar.










DAFTAR PUSTAKA

4 komentar:

  1. kalau untuk bahasa Indonesia gimana ya kak?
    bagaimana medianya dan untuk materi bahasa Indonesia yang apa?
    terimakasih...

    BalasHapus
  2. Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak

    http://theflash17.yolasite.com/
    .

    BalasHapus