MEDIA
PEMBELAJARAN E:MACROMEDIA FLASH
Dosen Pengampu :
Abdul Halim fathani
Kelompok 5 :
1.
Mekar
Arum Kusuma (21401072082)
2.
Alfiyan
Puja Dewantara (21401072089)
3.
Syam
Wiji Astuti (21401072096)
4.
Siti
Manluatun Ni’mah (21401072097)
5.
Kautsar
Kimiatus Sa’adah (21401072104)
6.
Jumiati (21401072105)
7.
Luthfi
Nur Indah Sari (21401072110)
JURUSAN
PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
ISLAM MALANG
2015
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penulis haturkan kepada sang Kholiq yang tak pernah letih
ataupun tidur dalam mengurus semua makhluk-Nya yang berada di langit maupun di
bumi. Dialah Allah SWT, tuhan semesta alam dengan kekuasaan yang meliputi
langit beserta isinya dan bumi beserta isinya pula. Dengan rahmat dan kasih
sayang-Nya, maka penulis dapat menyelesaikan makalah mengenai “Macromedia Flash” yang
tentunya masih jauh dari kata sempurna ini.
Shalawat serta salam penulis sanjungkan kepada makhluk
paling mulia di muka bumi ini. Makhluk yang diutus untuk menyempurnakan akhlak
seluruh manusia di bumi. Dialah baginda besar, rasul agung, Rasulullah SAW.
Semoga syafaat beliau senantiasa tercurah kepada para umatnya yang setia
mengikuti jejaknya sampai akhir hayat nanti. Serta shalawat untuk keluarga
beliau dan shahabat-shahabat beliau.
Penulis juga ucapkan terima kasih kepada dosen pengampu
mata kuliah Media pembelajaran Matematika berbasis ICT bapak Abdul Halim
fathani yang telah sabar membimbing
penulis dalam memperoleh materi serta penulis juga harapkan agar kiranya Pak
dosen dapat memberikan masukan-masukan bagi kurangnya kelengkapan dalam makalah
yang penulis buat ini.
Penulis juga berharap bahwa apa yang sudah penulis tulis
dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca dalam memperoleh pengetahuan tentang
Materi Media Pembelajaran. Dan jika ada masukan,
sekiranya tak segan untuk menambahkan supaya penulis dapat memperbaiki
kesalahan dan kekurang dalam makalah ini.
Malang,24 Maret 2015
Penyusun
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR……..…………………………………………… i
DAFTAR
ISI……………….…………………………………………… 2
BAB
I PENDAHULUAN ………………………………………........... 3
1.1. Latar Belakang ….…………………………………………… 3
1.2. Rumusan Masalah……………………………………………… 4
1.3. Tujuan Penulisan …………………………………………….. .. 4
BAB
II PEMBAHASAN ………………………………………………… 5
2.1. Pengertian Macromedia Adobe Flash ………………………….. 5
2.2.
Fungsi
Macromedia Adobe Flash ………………………………. 5
2.3. Manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika …..6
2.4.Kelebihan dan
Kekurangan Macromedia Flash ………………….. 7
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan………………………………………………………... 8
3.2 saran……………………………………………………………….. 8
DAFTAR PUSTAKA
…………………………………………………….9
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pembelajaran yang ada selama ini masih banyak yang
didominasi guru saja,
sedangkan siswa hanya Datang, Duduk, Dengar, Catat, dan
Hafal atau yang
dikenal dengan istilah D3CH, keadaan seperti ini
memberikan dampak buruk bagi
siswa, salah satunya adalah siswa hanya menguasai materi
yang diberikan tanpa
mengetahui manfaat dan cara mengaplikasikan ilmu atau
pelajaran tersebut dalam
kehidupan sehari-hari. Jika sistem pembelajaran seperti
ini masih sering
berlangsung, ada beberapa kemungkinan buruk yang akan
terjadi, antara lain
siswa menjadi kurang tertarik pada pelajaran, kemudian
timbulnya kejenuhan,
rasa bosan, bersikap pasif terhadap pelajaran dan
kemungkinan terburuknya
adalah siswa sudah
tidak mau belajar matematika atau benci dengan matematika.Hal ini menjadi salah
satu penyebab prestasi hasil belajar matematika siswa masih
tergolong rendah.
Berdasarkan
pengalaman pribadi penulis di masa lalu, penyajian mata pelajaran matematika di sekolah tersebut monoton dan kurang variasi
dalam penggunaan media
pembelajaran, sehingga
kurang menarik minat siswa. Oleh karena itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik
minat siswa, salah satunya
penyajian matematika dengan media pembelajaran berbasis edutainment.
Media dalam proses pembelajaran cenderung
diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis, atau elektronis untuk
menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan verbal. Dengan
istilah mediator, media berfungsi mengatur hubungan yang efektif antara siswa
dan isi pelajaran dalam pembelajaran. Dapat dikatakan pula setiap system
pembelajaran yang melakukan mediasi, mulai dari guru sampai peralatan canggih
dapat disebut sebagai media. Dengan demikian, media pembelajaran adalah
alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan- pesan pembelajaran. Seperti power
point, prezi dan adobe flash.
Adobe Flash merupakan
software yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, khususnya
dalam hal membuat media pembelajaran. Misalnya untuk membantu menjelaskan
materi supaya dapat ditampilkan secara menarik.
Pembelajaran sekarang menggunakan
kurikkulum 2013 yang lebih menekankan pada proses bernalar dan kreativitas
siswa. Dalam kurikulum 2013 itu terdapat beberapa sintak yang sering di kenal
dengan 5M, yaitu Mengamati, Menanya, Mengasosiasi, Mengeksplorasi,
Mengkomunikasi.
Pembelajaran kurikulum 2013 dapat menggunakan media alat
bantu elektronik seperti membuat media berbasis adobe flash. Pembelaaran K13
juga dapat digunakan dengan bantuan media online seperti blog, website, dll.
Dalam proses pembelajaran tentang
Kurikulum 2013 di Kampus, hal yang penulis dapatkan adalah Kurikulum 2013
memang cocok dengan media flash, Power Point, ataupun Prezi.
Oleh karena itu penulis mulai
mencari beberapa referensi yang berkaitan dengan Adobe Flash dan media
elektronik yang lain. Tetapi dalam makalah ini kami akan berkonsentrasi pada Adobe
Flash.
1.2.
Rumusan masalah
1.
Apa pengertian Macromedia Flash?
2.
Apa fungsi Macromedia
Flash?
3. Apa manfaat Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika?
4. Apa kelebihan dan kekurangan macromedia dalam media pembelajaran matematika?
1.3.
Tujuan masalah
1.
Untuk mengetahui pengertian Macromedia Flash.
2.
Untuk mengetahui fungsi
Macromedia Flash.
3.
Untuk mengetahui manfaat macromedia dalam media pembelajaran
matematika
4.
Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan macromedia
dalam media pembelajaran matematika.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian
Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan
untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar. Berkas yang dihasilkan dari
perangkat lunak ini mempunyai file
extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi adobe flash
menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash
5. Flash didesain dengan kemampuan untuk
membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak
digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD
interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk
membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol
animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver
dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya.
Macromedia Flash 8 merupakan versi terbaru yang merupakan
pengembangan dari Macromedia Flash MX 2004.
Animasi yang dihasilkan Macromedia
Flash 8 adalah animasi berupa file movie. Movie
yang dihasilkan dapat berupa grafik atau teks, mengimpor
file suara, video, maupun
file gambar dari aplikasi lain. Animasi Flash Profesional 8,
mampu membuat tampilan website dan presentasi
menjadi unik dan menarik,
dilengkapi dengan gambar kreatif dan video. Penggunaan Macromedia Flash 8 sebagai software yang
digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis
edutainment,
didasarkan pada beberapa kelebihan yang dimilikinya.
2.2.
Fungsi macromedia
a. Membuat presentasi
b. Membuat aplikasi
c. Membuat animasi
d. Membuat konten video
e. Membuat media-rich
flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus.
2.3. Manfaat macromedia dalam media pembelajaran matematika
Matematika adalah landasan utama teknologi , kita tidak
dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang ini masih banyak siswa di
negeri ini yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Fakta
menunjukan tidak sedikit siswa sekolah yang masih mengaanggap matematika adalah
pelajaran yang bikin stress karena matematika merupakan salah satu mata
pelajaran yang ditakuti siswa. Media pembelajaran matematika adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa
dalam mata pelajaran matematika, hingga dapat mengrangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya padat menjadikan siswa melalukukan
kegiatan belajar mengajar (Kusumah, 2007).
Penyajian
mata pelajaran matematika di sekolah tersebut monoton dan kurang variasi dalam
penggunaan media pembelajaran, sehingga kurang menarik minat siswa. Oleh karena
itu perlu adanya penyajian materi yang diharapkan dapat menarik minat siswa,
salah satunya penyajian matematika dengan media pembelajaran berbasis eduitment.
Salah satu bentuk penggunaan teknologi pembelajaran yang dapat menggabungkan
unsur pendidikan dan unsur hiburan adalah digunakannya teknologi informasi
berbasis komputer. Penggunaan teknologi informasi yang berbasis komputer,
diharapkan dapat menjadi salah satu cara inovatif dalam penyampaian materi
pembelajaran. komputer digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Dengan
menggunakan media komputer sebagai penyajiannya, materi pembelajaran dapat
disajikan secara lebih interaktif dan menarik. Dengan adanya interaktivitas ini
siswa dengan mudah dapat memilih bagian materi pelajaran yang ingin dipelajari
atau mempelajari bagian materi yang belum dipahami. Dalam pembuatan media
pembelajaran yang berupa software pembelajaran yang cocok dan unggul
dalam penyajian. Terdapat beberapa software aplikasi untuk mendukung
pembelajaran matematika yang menarik, yaitu Macromedia Flash 8.
Macromedia
Flash 8 merupakan software yang mampu
menghasilkan presentasi, game, film, CD interaktif, maupun CD
pembelajaran, serta untuk membuat situs web yang interaktif, menarik,
dan dinamis. Dari uraian di atas, maka Macromedia Flash 8 cocok
digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika.
2.4.
Kelebihan dan Kekurangan Macromedia Flash dalam Media Pembelajaran Matematika
Ø Kelebihan
Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika :
a. Pengguna
program Macromedia Flash dapat dengan mudah dan bebas dalam berkreasi
membuat animasi dengan gerakan bebas sesuai dengan alur adegan animasi yang
dikehendakinya.
b. Macromedia
Flash ini dapat menghasilkan file dengan
ukuran kecil. Hal ini dikarenakan Flash, menggunakan animasi dengan
basis vektor, dan juga ukuran file Flash yang kecil ini dapat digunakan
pada halaman web tanpa membutuhkan waktu loading yang lama untuk membukanya.
c. Macromedia
Flash menghasilkan file bertipe (ekstensi).
FLA yang bersifat fleksiibel, karena dapat dikonversikan menjadi file bertipe .swf,
.html, .gif, .jpg, .png, .exe, .mov. hal ini memungkinkan pengguna program Macromedia
Flash untuk berbagai keperluan yang kita inginkan.
d. Lebih
dapat memahami materi yang dipelajari karena setiap materi disajikan
simulasinya
e. Lebih
semangat dalam belajar karena penyajian materi dilengkapi dengan gambar, suara
dan video.
f. Dapat
berinteraksi dengan media karena bersifat interaktif.
Ø Kekurangan Macromedia Flash dalam media pembelajaran matematika :
a.
Waktu belajarnya
lama, apalagin bagi yang belum pernah menggunakan sofware desain grafis
sebelumnya.
b.
Menunya tidak user
friendly
c.
Perlu banyak
refrensi tutorial
d.
Bahasa
pemrogamannya agak susah
e.
Belum ada template
didalamnya
f.
Ukuran file besar
BAB
III
PENUTUP
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Penggunaan teknologi informasi
yang berbasis komputer, diharapkan dapat menjadi salah satu cara inovatif dalam
penyampaian materi pembelajaran, terutama pada mata
pelajaran matematika. Dalam pembuatan media pembelajaran yang berupa software
pembelajaran yang cocok dan unggul dalam penyajian. Terdapat beberapa
software aplikasi untuk mendukung pembelajaran matematika yang menarik
salah satunya, yaitu Macromedia Flash 8.
3.2.
Saran
Semoga makalah ini bisa membuat pembaca lebih
banyak mengerti tentang apa itu Macromedia
Flash dan bagaimana cara mejadikan Macromedia
Flash sebagai salah satu
media pembelajaran untuk bidang matematika dengan menarik dan lebih inovatif. Sehingga
bagi calon pendidik ataupun mahasiswa dapat memudahkan dalam proses
pembelajaran baik menampilkan dalam bentuk diskusi maupun sebagai bahan ajar.
DAFTAR PUSTAKA
thanks informasinya
BalasHapuskalau untuk bahasa Indonesia gimana ya kak?
BalasHapusbagaimana medianya dan untuk materi bahasa Indonesia yang apa?
terimakasih...
Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak
BalasHapushttp://theflash17.yolasite.com/
.
makasih sudah share
BalasHapusobeng 5in1